Jumat, 20 Oktober 2017

Analisis Kelemahan dan Kelebihan Kalimat Iklan



Sosis so n*ce



Kelemahan : 
Slogan “juara makan so n*ce” memiliki arti bahwa ketika ingin menjadi juara juga harus makan sosis ini. Padahal jika ingin menjadi juara itu harus berdoa, usaha dan tidak harus makan sosis ini.
Hadiah yang diberikan kepada konsumen di dalam kemasannya berupa tato mainan. Walaupun target pasar sosis ini adalah anak –anak tetapi sangat tidak baik mengajarkan anak – anak untuk bertato meskipun hanya mainan dan bisa hilang, karena itu akan membuat anak – anak terbiasa dengan tato dan menganggap tato diperbolehkan oleh agama.

Kelebihan : 
Di balik kelemahan selogannya, adapun kelebihannya yaitu slogannya mudah diingat dan selalu terngiang – ngiang di benak konsumen.

Mie sed**p ayan krispi



Kelemahan : 
Bukan di kalimat iklannya, melainkan lebih ke bintang iklannya. Di dalam cuplikan iklan terdapat sejumlah penari berpakaian minim yang melakukan tarian erotis. Lebih bahaya lagi iklan ini di tayangkan di sejumlah televise yang hadir di seluruh jam prime time televisi, yang artinya sangat mudah dilihat oleh anak – anak dan remaja.

Kelebihan : 
Konsep iklannya cukup kreatif, karena mengingat pangsa pasarnya ke anak muda jadi ada part dance ala korea seperti yang sedang booming akhir – akhir ini.

Softener so k*in twilight sensation




Kelemahan : 
Dalam cuplikan iklan, iklan ini menggunakan kata “no 1” padahal produk ini bukan satu – satunya yang mempunyai kelebihan sebagai pewangi dan pengharum pakaian.
Pada cuplikan iklan tersebut, kamera menyorot secara close up tubuh bagian paha dan beberapa kali menyorot secara medium shot tubuh bagian dada talent wanita.

Kelebihan : 
Slogan “softener so k*in pengaharum pakaian lembut di tangan” dibuat dengan kalimat yang sangat bagus, singkat dan mudah diingat. Dengan sesingkat itu, slogan tersebut mempunyai makna yang sangat jelas untuk konsumennya bahwa pewangi tersebut tidak akan merusak tangan dan lembut jika disentuh, membuat warna baju lama tidak pudar dan harum sepanjang hari.

T**i – t**i cheese cracker


Kelemahan : 
Iklan ini mengandung unsur pornografi karena menampilkan seorang wanita yang menggenggam dua produk tersebut menari sambil mengangkang bersama sua orang pria. Padahal iklan ini adalah iklan makanan yang sasarannya adalah anak – anak.

Kelebihan : 
Hanya terdapat sisi humor di dalam iklan tersebut tanpa adanya makna lain selain promosi.

B**re body foam


Kelemahan : 
Slogan “senangnya jadi diri sendiri” yang menjadi jargon produk ini tidak sesuai dengan isi iklannya malah berlawanan sekali. Karena talent wanita rela merubah penampilannya demi diterima dalam pergaulan. Dari penampilan grunge dan sedikit cuek menjadi berpenampilan girlie. Bukan jadi diri sendiri kan jadinya ?

Kelebihan : 
Kalimat – kalimat di iklan tersebut menunjukan kepercayaan diri seseorang akan bertambah setelah menggunakan B**re body foam  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deskripsi Diri

Putri Handayani, kayanya anugrah terindah berupa nama yang dikasih sama bapak dan mama gue. Gue lahir di Bogor 12 Oktober 1996 (Libra m...