Sabtu, 01 April 2017

STUDI KELAYAKAN BISNIS



PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS
( Pada Griya Salon Syafira, Bogor)



Disusun Oleh:

Kelompok V1
                   Devi Novitasari                    
      Dimas Oky Dwi Putra      
Putri Handayani
Sarah Tasya Arthafani

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017
I.            PROFIL PERUSAHAAN

a.      Nama dan Bentuk Usaha
Perusahaan yang diteliti adalah Griya Salon Syafira. Usaha ini bergerak di bidang kecantikan syar’i yang berhubungan dengan perawatan kosmetika, wajah dan rambut khusus perempuan.

b.      Alamat
Griya Salon Syafira ini berlokasi di Perum. Griya Yasa Lestari Blok E1 No. 10 Kel. Bojonggede Kec. Bojonggede Kab. Bogor 16320.

c.       Visi dan Misi

Visi :
Menjadi pioneer dan terbaik bisnis gerai kecantikan syar‟i dengan mengedepankan konsep inovatif, success, style, syar‟i & different serta memberikan kontribusi secara global.

Misi :
1)      Mewujudkan kepuasaan konsumen dengan pelayanan yang sopan dan ramah dan melahirkan produk-produk perawatan yang sesuai dengan keinginan muslimah.
2)      Menghasilkan kenyamanan dan pelayanan terbaik sehingga menjadi trend setter.
3)      Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas muslimah, dan menjadikan sebagai Dakwah Islamiyah.
4)      Mempunyai motto islami dengan syiar didalamnya yaitu Cantik, Syar’i & Qona’ah.

d.      Tujuan Perusahaan

Kebutuhan untuk cantik dengan wajah dan kulit yang terawat sudah pasti diinginkan semua wanita. Namun, tak semua salon mampu memenuhi kebutuhan perawatan yang diinginkan kaum muslimah. Keinginan untuk mendapat perawatan kecantikan dalam situasi yang nyaman tanpa berbaur dengan kaum pria menjadi hal penting bagi kaum muslimah sesuai dengan keyakinan mereka. Peluang inilah yang dil ihat menjadi dasar untuk berbisnis menjadi salon muslimah. Griya Salon Syafira bertujuan untuk menjadi salon yang berkonsep syari’ah, mengkombinasikan kecerdasan spiritual, emosional dan ketrampilan dalam melayani serta mutu pelayanan berkwalitas bagus dengan harga yang murah, ditujukan untuk merawat rambut, kecantikan & spa para muslimah khususnya dan wanita pada umumnya.
Griya Salon Syafira juga bertujuan untuk mengembangkan layanan jasa yang positif dan pro aktif yang akan dialami oleh konsumen setiap kali mengunjungi salon. Pemilik berusaha memberikan perhatian, penghargaan, pengembangan diri karyawan dan kompensasi bagi hasil karyawan agar dapat memberikan layanan yang prima.

II.            Latar Belakang Perusahaan
Saat ini ungkapan back to nature sudah tidak asing lagi dan cenderung menjadi gaya hidup yang sekarang digandrungi oleh sebagian masyarakat Indonesia. Ungkapan tersebut memiliki arti kembali ke alam. Banyak hal yang dilakukan masyarakat dalam melakukan proses back to nature dalam kehidupan sehari-harinya. Terutama bagi perempuan Indonesia back to nature tidak hanya sebagai gaya hidup tetapi juga untuk menjaga kesehatan. Adanya trend back to nature tersebut membuat banyak perempuan Indonesia menyadari akan kelebihan yang ditawarkan produk herbal. Oleh karenanya para perempuan Indonesia saat ini banyak yang beralih dari produk kecantikan konvensional ke produk kecantikan herbal. Hal tersebut tentu saja menarik perhatian para pelaku usaha di bidang kesehatan dan kecantikan.
Persaingan dunia bisnis di Indonesia saat ini sangatlah ketat. Bisnis yang ditawarkan pun bergerak di berbagai macam industri, baik itu industri fashion, otomotif, kuliner hingga industri kesehatan. Membanjirnya produk – produk impor dipasaran membuat persaingan dengan produk dalam negri semakin nampak. Hal tersebut tentu saja menuntut setiap pelaku usaha melakukan terobosan – terobosan baru dalam memasarkan produknya.
Salon adalah salah satu tempat yang dapat memenuhi gaya hidup seseorang khususnya bagi para perempuan. Selain itu salon dan spa telah menjadi trend yang sangat populer di masyarakat Indonesia. Bisnis kecantikan sekarang menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan oleh wanita. Semakin tinggi kesibukan mereka, semakin membutuhkan orang lain untuk merawat diri mereka. Produk jasa perawatan yang ditawarkan pun sangat beragam. Penggunaan bahan-bahan yang aman tentu menjadi pilihan sebagian besar peminat salon dan spa. Trend saat ini orangorang cenderung menggunakan produk herbal dan alami.
III.            KAJIAN ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
a.      Potensi Pasar
Potensi usaha salon kecantikan berkembang cukup pesat, apalagi sekarang banyak juga muncul salon muslimah salah satunya Griya Salon Syafira. Meningkatnya kesadaran religious di kalangan masyarakat membuka lebar peluang usaha salon muslimah, yaitu salon khusus untuk kaum wanita yang ingin melakukan perawatan di tempat yang aman dan nyaman. Aman dalam artian terjaga auratnya saat membuka hijab, karena di dalam salon tersebut bebas dari kaum adam.

b.      Peluang Pasar
Peluang usaha salon kecantikan dikatakan menjanjikan karena hamper sebagian besar kaum wanita cenderung melakukan perawatan terutama pada tangan – tangan professional.
Bagi kaum wanita perawatan tubuh jauh lebih penting dari kebutuhan apapun. Makanya pemilik Griya Salon Syafira mengambil peluang besar ini untuk meperoleh keuntungan dengan membuka usaha salon.
Meskipun peluangnya besar, pemilik tidak langsung mengupayakan untuk membuka salonnya secara langsung. Tetapi pemilik mempersiapkan beberapa hal penting yang akan menunjang bisnis salon tersebut. Berikut ini adalah faktor pendukung yang membuat pemilik Griya Salon Syafira bisa memaksimalkan peluang usaha salon kecantikan ini :
1)      Memiliki keahlian di bidang perawatan kecantikan
2)      Mencari pengalaman terlebih dahulu
3)      Modal
4)      Lokasi salon
5)      Mempromosikan salon

c.       Rencana Penjualan
Bisnis usaha salon kecantikan ini mungkin sudah banyak yang mendirikan, namun disamping itu masih banyak juga salon yang pelayanannya kurang memuaskan pelanggan, layaknya candu. Jika seseorang sudah mencoba suatu salon dan merasa nyaman, maka orang tersebut akan menjadi pelanggan tetap salon tersebut. Oleh karena itu, pelayanan yang ekstra adalah langkah awal dalam memula persaingan dengan usah salon – salon lain.
Setelah memberikan pelayanan yang terbaik, rencana penjualan juga dapat dilakukan dengan promosi seperti membuat brosur dan memasang iklan di beberapa media termasuk internet.

d.      Strategi Pemasaran
Dalam menjalankan usaha, diperlukan strategi dan berbagai analisa yang matang, begitupun dalam menjalankan usaha salon. Strategi yang dimaksud di sini adalah suatu strategi pemasaran dimana dapat menarik sebanyak – banyaknya konsumen untuk  datang ke Griya Salon Syafira dan menjadi pelanggan tetap. Hal ini meliputi :
1)      Desain interior dan eksterior
Supaya menarik, Griya Salon Syafira mendandani interior dan eksterior semenarik mungkin. Tujuannya untuk memberikan kesan pertama yang memikat dan selanjutnya membuat pelanggan kembali lagi ke salon.
2)      Tenaga ahli
Bisnis salon sangat bergantung kesuksesannya pada keterampilan para karyawan terutama hairstylistnya. Griya Salon Syafira berusaha menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kesejahteraan karyawan yang cukup baik.
3)      Harga yang kompetitif
Griya Salon Syafira selalu menawarkan bonus – bonus tertentu guna menarik pelanggan. Bonus yang dimaksud bisa berupa bonus gratis perawatan, satu paket promosi atau potongan harga selama bulan tertentu.
4)      Varian jasa
Griya Salon Syafira selalu berusaha mengikuti tren yang ada, agar salon tidak kehilangan pelanggan. Semakin lengkap variasi jasa yang ditawarkan maka akan semakin besar peluang untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan.
5)      Pelayanan yang prima
Griya Salon Syafira berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya. Karena pelayanan pada pelanggan merupakan kunci terpenting yang akan menentukan apakah pelanggan akan kembali ke salon atau tidak.
6)      Promosi
Griya Salon Syafira melakukan promosi dengan membuat program / paket khusus untuk membuat orang tertarik mencoba layanan salonny dengan tujuan agar Griya Salon Syafira di kenal banyak masyarakat khususnya kaum wanita.
7)      Proyeksi Keuangan
Griya Salon Syafira tidak lupa untuk menyelenggarakan system pengendalian keuangan, seperti buku transaksi pemasukan dan pengeluaran harian, buku laba rugi bulanan, dan lain – lain. Griya Salon Syafira selalu membuat system pencatatan keuangan yang sederhana tujuannya agar dapat menjalankan usaha salon dengan tertib.

IV.            ASPEK TEKNIS DAN OPERASIONAL
a.      Rencana Proses Produksi
Kegiatan operasional atau produksi usaha ini dilakukan di tempat sendiri yang dibangun sendiri oleh pemilik salon. Kegiatan dimulai dari persiapan pekerjaan, menyiapkan alat – alat make up salon dan peralatan untuk perawatan lainnya.
Selanjutnya karyawan akan menunggu pelanggan, jika ada pelanggan karyawan bergegas untuk menawarkan jasa pelayanan yang disediakan salon untuk kemudian dikerjakan. Proses pekerjaannya sendiri dilakukan oleh 1 dari 2 karyawan salon.
b.      Investasi Awal dan Data Keuangan
Aspek finansial dalam penelitian ini adalah salah satu poin penting untuk mengetahui kelayakan usaha ini secara finasial. Penelitian ini menggunakan beberapa data – data dasar yang digunakan untuk menganalisis aspek keuangan. Data - data dasar tersebut adalah sebagai berikut:
a.       Penelitian ini dianalisis untuk proyeksi jangka waktu empat tahun.
b.      Penentuan waktu:
1)      1 tahun adalah 12 bulan
2)      1 bulan adalah 30 hari
c.       Harga jual jasa Salon dan Spa House of Khadijah
1)      Potong Rambut                                   : Rp 15.000,-
2)      Creambath, hair mask, hair spa         : Rp 45.000,-  
3)      Facial                                                   : Rp 60.000,-
4)      Medicure/pedicure                              : Rp 40.000,-
5)      Kreasi jilbab                                        : Rp 40.000,-
6)      Make up                                              : Rp 50.000,-
7)      Penyewaan baju kebaya                      : Rp 75.000,-
8)      Cuci blow/cuci gunting                       : Rp 15.000,-  
9)      Lulur                                                   : Rp 100.000,-
d.      Discount rate yang digunakan adalah berdasarkan suku bunga dasar deposito sebesar 6%
e.       Kenaikan setiap biaya berdasarkan kenaikan inflasi Februari 2017 sebesar 3.83 %
Selain data – data dasar yang digunakan dalam menghitung aspek finansial, ada beberapa komponen penting seperti biaya variabel, biaya tetap, biaya penyusutan dan pendapatan usaha yang digunakan untuk mengukur aspek ini. Berikut ini adalah penjelasan mengenai aspek financial Griya Salon Syafira:
Kebutuhan barang modal bisnis salon ini terdiri dari interior salon, peralatan dan peralatan operasional salon. Dana yang digunakan dalam pembelian barang modal didapat dari dana pemilik sebesar Rp 38.131.000. Secara rinci barang-barang modal yang dibutuhkan adalah:
Tabel 1 Perincian Investasi Awal
No.
Uraian
Satuan
Jml
Harga Satuan
Nilai
1
Interior Salon





a. Hiasan dinding
Buah
3
37000
111000

b. Lemari dinding
Buah
4
230000
920000

c. Lampu – Lampu
Buah
10
80000
800000

d. AC
Buah
1
4000000
4000000
2
Peralatan Salon





a. Meja salon
Buah
4
100000
400000

b. Kursi salon dan kursi tunggu
Buah
8
100000
800000

c. Kaca
Buah
4
200000
800000

d. Tempat cuci rambut
Buah
1
3000000
3000000

e. Lemari handuk
Buah
1
500000
500000

f. Tempat tidur untuk facial
Buah
2
1800000
3600000

g. Sprei
Buah
2
50000
100000

h. Gorden
Buah
4
200000
800000

i. Water heater
Buah
1
2000000
2000000

j. Handuk
Lusin
2
150000
300000
3
Peralatan Operasional





a. Peralatan creambath, hair spa & hair mask
Set
1
2000000
2000000

b. Hair dryer
Set
2
2000000
4000000

c. Kebaya Pengantin
Buah
6
2000000
12000000

d. Kebaya
Buah
15
100000
1500000

e. Peralatan Pedicure/Medicure
Set
1
500000
500000
Total
38131000

Bahan-bahan treatment termasuk ke dalam biaya variabel yang mana kebutuhannya tergantung pemakaian dan merupakan barang yang digunakan habis pakai atau tidak termasuk ke dalam penyusutan. Biaya variabel tahun ke-1 usaha ini sebesar Rp 9,645,000. Biaya variabel ini diproyeksikan naik setiap tahunnya sesuai dengan kebutuhan dan besarnya inflasi setiap tahun. Rincian biaya variabel dapat dilihat pada lampiran 2.
 Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah dalam jangka waktu tertentu. Yang termasuk ke dalam biaya tetap usaha ini adalah gaji karyawan, biaya perawatan AC dan biaya pemasaran. Berikut ini adalah perincian biaya tetap Griya Salon Syafira:


Tabel 3 Biaya Tetap
No.
Keterangan
Satuan
Jumlah
Harga  satuan
Nilai
1
Biaya gaji
Orang
2
1000000
2000000
2
Biaya perawatan AC
3 Bulan
12
150000
600000
3
Biaya pemasaran
3 Bulan
12
1000000
4000000
Total
6600000

Biaya penyusutan yang harus dikeluarkan setiap tahunnya sebesar Rp 9,068,666,- . Biaya ini dihitung dari nilai barang dibagi umur ekonomis barang. Perincian biaya penyusutan dapat dilihat pada lampiran 5. Adapun rencana pendapatan yang diinginkan akan naik seriap tahunnya. Perincian proyeksi pendapatan dapat dilihat pada lampiran 4.
Data-data tersebut dapat digunakan untuk menyimpulkan aspek keuangan Griya Salon Syafira. Berikut ini adalah kesimpulan aspek keuangan Griya Salon Syafira. Berikut ini kesimpulan aspek keuangan Griya Salon Syafira:

Tabel 4 Alat Ukur Aspek Keuangan
No
Alat Ukur
Hasil Pengukuran
Keterangan
1
Payback Period
< 4 tahun
Diterima
2
NPV
Rp 63.432.720
Diterima
3
IRR
3,42
Diterima
4
PI
2,66
Ditolak

Dari tabel alat ukur di atas dapat disimpulkan bahwa pengembalian yang dilihat dari payback periode berada dalam kondisi  baik yang mana usaha ini  layak untuk dijalankan karena jangka waktu yang kurang dari umur investasi yang telah ditentukan yaitu  4 tahun.
Serupa dengan PP, NPV mendukung usaha ini karena nilai positif yang dihasilkan NPV  sesuai dengan syarat yang mana nilai NPV harus positif, sementara pada usaha ini NPV yang didapatkan sebesar Rp 63.432.720. Begitu juga nilai PI yang lebih dari 1 yaitu 2,66 sehingga memenuhi syarat layak.
IRR yang merupakan alat mengukur tingkat pengembalian berada dalam kondisi yang tidak baik, karena hasil perhitungan menunjukkan pengembalian investasi kurang dari discount rate yang telah ditentukan sebesar 6%. Perincian hasil pengukuran ini dapat dilihat pada lampiran 6 dan 7.
Hasil pengukuran aspek finansial pada usaha ini menunjukkan bahwa usaha dalam kondisi yang baik, yang dapat mendatangkan keuntungan bagi pelaku usahanya. Dengan demikian pelaku usaha perlu melakukan evaluasi agar usahanya dapat lebih memberikan manfaat dan keuntungan secara finansial.

V.            KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Berdasarkan aspek finansial, hasil pengukuran nya menerima usaha ini. Adapun hasil pengukuran aspek finansial untuk payback periode berada dalam kondisi baik yang mana usaha ini layak untuk dijalankan karena jangka waktu yang kurang dari umur investasi yang telah ditentukan yaitu lebih dari 4 tahun.
Begitu juga dengan NPV mendukung usaha ini karena nilai positif yaitu didapatkan sebesar Rp 63.432.720. Hasil perhitungan PI lebih dari 1 yaitu 2,66 sehingga  memenuhi syarat layak. IRR yang merupakan alat mengukur tingkat pengembalian berada dalam kondisi yang tidak baik, karena hasil perhitungan menunjukkan pengembalian investasi kurang dari discount rate yang telah ditentukkan sebesar 6%.
Saran
Griya Salon Syafira adalah perlu melakukan promosi dan meningkatkan kualitas untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang menggunakan jasa Griya Salon Syafira. Dengan meningkatkan jumlah pelanggan secara otomatis akan menekan porsi biaya tetap sehingga memungkinkan usaha menjadi menguntungkan. Promosi yang dilakukan dapat ditingkatkan melalui komunitas-komunitas muslim di sekitar komplek
Griya Salon Syafira perlu meninjau ulang kenaikan harga layanan produk agar perhitungan finansial dapat lebih memenuhi syarat kelayakan. Selain itu, kenaikan harga jual juga perlu dilakukan mengingat biaya operasional yang cukup tinggi. Dengan demikian Griya Salon Syafira akan mendapatkan keuntungan secara finansial
VI.            LAMPIRAN
Lampiran 1 Dokumentasi



Lampiran 2 Biaya variabel
Tahun ke 1
No
Nama Barang
Satuan
Jml
Harga Beli
Nilai
1
Shampo
Liter
5
180000
900000
2
Bahan untuk creambath, hair spa, hair mask
Kg
5
80000
400000
3
Bahan lulur
Kg
5
100000
500000
4
Bahan facial
Paket
4
100000
400000
5
Bahan treatment rambut
Botol
4
30000
120000
6
Bahan cat hena dan pewarna halal
Kotak
5
35000
175000
7
Make up
Set
1
450000
450000
8
Jepit rambut
Buah
12
50000
600000
9
Peniti, bros, aksesoris
Set
1
100000
100000
10
Listrik
Bulan
12
500000
6000000
Total
9645000

Tahun ke 2
No
Nama Barang
Satuan
Jml
Harga Beli
Nilai
1
Shampo
Liter
5
183000
915000
2
Bahan untuk creambath, hair spa, hair mask
Kg
5
82500
412500
3
Bahan lulur
Kg
5
105000
525000
4
Bahan facial
Paket
4
103500
414000
5
Bahan treatment rambut
Botol
4
32000
128000
6
Bahan cat hena dan pewarna halal
Kotak
5
38000
190000
7
Make up
Set
1
453000
453000
8
Jepit rambut
Buah
12
52500
630000
9
Peniti, bros, aksesoris
Set
1
103000
103000
10
Listrik
Bulan
12
510000
6120000
Total
9890500

Tahun ke 3
No
Nama Barang
Satuan
Jml
Harga Beli
Nilai
1
Shampo
Liter
5
185000
925000
2
Bahan untuk creambath, hair spa, hair mask
Kg
5
84000
420000
3
Bahan lulur
Kg
5
106000
530000
4
Bahan facial
Paket
4
105000
420000
5
Bahan treatment rambut
Botol
4
35000
140000
6
Bahan cat hena dan pewarna halal
Kotak
5
40000
200000
7
Make up
Set
1
455000
455000
8
Jepit rambut
Buah
12
54000
648000
9
Peniti, bros, aksesoris
Set
1
106000
106000
10
Listrik
Bulan
12
525000
6300000
Total
10144000

 
 Lampiran 3 Biaya Tetap (*Biaya gaji dikalikan 12 bulan)
Tahun ke 1
No.
Keterangan
Satuan
Jumlah
Harga  satuan
Nilai
1
Biaya gaji*
Orang
2
1000000
24000000
2
Biaya perawatan AC
3 Bulan
12
150000
600000
3
Biaya pemasaran
3 Bulan
12
1000000
4000000
Total
28600000

Tahun ke 2
No.
Keterangan
Satuan
Jumlah
Harga  satuan
Nilai
1
Biaya gaji*
Orang
2
1000000
24000000
2
Biaya perawatan AC
3 Bulan
12
150000
600000
3
Biaya pemasaran
3 Bulan
12
1000000
4000000
Total
28600000

Tahun ke 3
No.
Keterangan
Satuan
Jumlah
Harga  satuan
Nilai
1
Biaya gaji*
Orang
2
1000000
24000000
2
Biaya perawatan AC
3 Bulan
12
150000
600000
3
Biaya pemasaran
3 Bulan
12
1000000
4000000
Total
28600000

Tahun ke 4
No.
Keterangan
Satuan
Jumlah
Harga  satuan
Nilai
1
Biaya gaji*
Orang
2
1000000
24000000
2
Biaya perawatan AC
3 Bulan
12
150000
600000
3
Biaya pemasaran
3 Bulan
12
1000000
4000000
Total
28600000


Lampiran 4 Proyeksi Pendapatan
Tahun
A
B
C
D
E
F
G
H
I
Total
2012
240
300
120
60
120
120
60
360
240
1620
2013
260
325
130
65
130
130
65
390
260
1755
2014
280
350
140
70
140
140
70
420
280
1890
2015
302
377
151
75
151
151
75
453
302
2037
2016
325
407
163
81
163
163
81
488
325
2196

Keterangan :
A : Potong Rambut                                         F : Make Up
B : Creambath, hair spa, hair mask              G : Penyewaan Baju Kebaya
C : Facial                                                        H : Cuci Blow /Cuci Gunting
D : Medi / Pedicure                                         I : Lulur
E : Kreasi Jilbab                               


No
Jasa Salon
2012
2013
2014
Kuantitas / tahun
Harga Jual
Jumlah
Kuantitas/tahun
Harga Jual
Jumlah
Kuantitas/tahun
Harga Jual
Jumlah
1
Potong Rambut
240
7000
1680000
260
10000
2600000
280
12000
3360000
2
Creambath, Hair Spa, Hair Mask
300
30000
9000000
325
35000
11375000
350
40000
14000000
3
Facial
120
40000
4800000
130
45000
5850000
140
50000
7000000
4
Medi/Pedicure
60
30000
1800000
65
35000
2275000
70
35000
2450000
5
Kreasi Jilbab
120
25000
3000000
130
30000
3900000
140
35000
4900000
6
Make Up
120
50000
6000000
130
50000
6500000
140
50000
7000000
7
Penyewaan Baju Kebaya
60
75000
4500000
65
75000
4875000
70
75000
5250000
8
Cuci Blow / Cuci Gunting
360
7000
2520000
390
10000
3900000
420
12000
5040000
9
Lulur
240
80000
19200000
260
85000
22100000
280
90000
25200000
Total

52500000

63375000

74200000







No
Jasa Salon
2015
2016



Kuantitas/tahun
Harga Jual
Jumlah
Kuantitas/tahun
Harga Jual
Jumlah



1
Potong Rambut
302
15000
4530000
325
15000
4875000



2
Creambath, Hair Spa, Hair Mask
377
40000
15080000
407
40000
16280000



3
Facial
151
55000
8305000
163
60000
9780000



4
Medi/Pedicure
75
40000
3000000
81
40000
3240000



5
Kreasi Jilbab
151
40000
6040000
163
40000
6520000



6
Make Up
151
55000
8305000
163
60000
9780000



7
Penyewaan Baju Kebaya
75
80000
6000000
81
80000
6480000



8
Cuci Blow / Cuci Gunting
453
15000
6795000
488
15000
7320000



9
Lulur
302
95000
28690000
325
100000
32500000



Total

86745000

96775000


















  
Lampiran 5 BiayaPenyusutan
No.
Uraian
Satuan
Jml
Harga Satuan
Nilai
Umur Ekonomi (Tahun)
Nilai Penyusutan
1
Interior Salon







a. Hiasan dinding
Buah
3
37000
111000
3
37000

b. Lemari dinding
Buah
4
230000
920000
4
230000

c. Lampu - Lampu
Buah
10
80000
800000
4
200000

d. AC
Buah
1
4000000
4000000
4
1000000
2
Peralatan Salon







a. Meja salon
Buah
4
100000
400000
5
80000

b. Kursi salon dan kursi tunggu
Buah
8
100000
800000
5
160000

c. Kaca
Buah
4
200000
800000
5
160000

d. Tempat cuci rambut
Buah
1
3000000
3000000
5
600000

e. Lemari handuk
Buah
1
500000
500000
5
100000

f. Tempat tidur untuk facial
Buah
2
1800000
3600000
4
900000

g. Sprei
Buah
2
50000
100000
2
50000

h. Gorden
Buah
4
200000
800000
5
160000

i. Water heater
Buah
1
2000000
2000000
5
400000

j. Handuk
Lusin
2
150000
300000
2
150000
 

No
Uraian
Satuan
Jml
Harga Satuan
Nilai
Umur Ekonomi (Tahun)
Nilai Penyusutan
3
Peralatan Operasional







a. Peralatan creambath, hair spa & hair mask
Set
1
2000000
2000000
4
500000

b. Hair dryer 1 set
Set
2
2000000
4000000
5
800000

c. Kebaya Pengantin
Buah
6
2000000
12000000
4
3000000

d. Kebaya
Buah
15
100000
1500000
4
375000

e. Peralatan Pedicure/Medicure 1 set
Set
1
500000
500000
3
166666.6667
Total
38131000

9068666.667

 
Lampiran 6 Cash Flow
Komponen
Tahun / Periode
0
1
2
3
4
Kas Masuk





Pendapatan Salon

63375000
74200000
86745000
96775000
Total Kas Masuk

63375000
74200000
86745000
96775000

Kas Keluar





Biaya Investasi
38131000




Biaya Tetap :





1. Gaji Karyawan

24000000
24000000
24000000
24000000
2. Biaya Perawatan AC

600000
600000
600000
600000
3. Biaya Pemasaran

4000000
4000000
4000000
4000000
Total Biaya Tetap

28600000
28600000
28600000
28600000
Biaya Variabel :





1. Shampo

900000
915000
925000
950000
2. Bahan untuk creambath, hair mask, hair spa

400000
412500
420000
425000
3. Bahan Lulur

500000
525000
530000
540000
4. Bahan Facial

400000
414000
420000
424000
5. Bahan Treatment Rambut

120000
128000
140000
160000
6. Bahan Cat Hena & Pewarna Halal

175000
190000
200000
215000
7. Make Up

450000
453000
455000
457000
8. Jepit Rambut

600000
630000
648000
660000
9. Peniti, Bros, Aksesoris

100000
103000
106000
110000
10. Listrik

6000000
6120000
6300000
6324000
Total Biaya Variabel

9645000
9890500
10144000
10265000
Biaya Penyusutan

9068666
9068666
9068666
9068666
Total Kas Keluar

47313666
47559166
47812666
47933666
Saldo Akhir
38131000
16061334
26640834
38932334
48841334
Payback Period
< 4 Tahun




NPV
63432720




IRR
3,42




PI
2,66




                                                                                                               


Lampiran 7 Perhitungan Payback Period, NPV, PI, IRR
Payback Period
Tahun
EAT
Depresiasi
Proceed
DF (20%)
PV Proceed
1
16.061.334
9.068.666
25.130.000
0,833
20.933.290
2
26.640.834
9.068.666
35.709.500
0,698
24.925.231
3
38.932.334
9.068.666
48.001.000
0,579
27.792.579
4
48.841.334
9.068.666
57.910.000
0,482
27.912.620

130.475.836



101.563.720


Investasi                      38.131.000
Proceed 1                    25.130.000
                                      3.001.000      ( 1 Tahun )

3.001.000 x 12 / 35.709.500 = 1,0084  ( 1 Bulan )
0,082 x 30 hari  = 2,52 ( 2 Hari )
Jadi, lamanya pengembalian modal pemilik yaitu 1 tahun 1 bulan 2 hari  ( Diterima )

NPV    = PV Proceed – PV Outlays
            = 101.563.720 – 38.131.000
            = 63.432.720   ( Diterima )
PI        = PV Proceed / PV Outlays
            = 101.563.720 / 38.131.000
            = 2,66 ( Diterima )       
IRR     = EAT / PV Outlays     x 100%
            = 130.475.836 / 38.131.000 x 100%
            = 3,42% ( Ditolak )

1 komentar:

Deskripsi Diri

Putri Handayani, kayanya anugrah terindah berupa nama yang dikasih sama bapak dan mama gue. Gue lahir di Bogor 12 Oktober 1996 (Libra m...