Minggu, 09 April 2017

Tugas 2 _ Etika Bisnis

Dahulu jika kita ingin belanja / membeli kebutuhan sehari – hari kita harus pergi ke sesuatu tempat baik pasar tradisional maupun pasar swalayan modern. Namun, seiring berjalannya waktu dan teknologi semakin canggih, berbelanja kini menjadi lebih mudah dan tidak membuang waktu, Dengan modal kuota internet kita sudah dapat berbelanja di web, situs ataupun media social sekalipun dengan cepat secara online. Ya berbelanja online memang sedang digandrungi oleh masyarakat kita, bahkan saya pun menjadi lebih senang berbelanja online dibanding berbelanja secara langsung di mall. Karena dengan berbelanja online kita tidak perlu repot – repot keluar rumah membuang waktu kita.
Pengalaman saya berbelanja online adalah saya sebagai konsumen selalu mendapatkan pelindungan hak konsumen seperti hak atas informasi dan hak untuk memilih.
Saat berbelanja di suatu web, saya mendapat hak atas informasi dari web tentang produk yang di tawarkan. Web tersebut selalu mencantumkan informasi secara lengkap di setiap gambar produk yang ditawarkan. Contohnya informasi tentang bahan produk tersebut seperti apa, ukuran produk tersebut (jika produknya baju selalu dicantumkan panjang baju, panjang tangan, lingkar dada, dll).
Setelah mendapat hak atas informasi, saya juga mendapat hak untuk memilih. Maksudnya hak untuk memilih di sini yaitu saya dipersilahkan memilih sesuka hati apa yang akan saya beli. Misalnya untuk produk baju, web tersebut selalu mencantumkan warna yang tersedia dari baju itu. Jadi sebagai konsumen, saya tidak merasa tertipu atau kecewa ketika barangnya sampai karena web tersebut sudah memberikan hak atas informasi dan hak untuk memilih kepada konsumennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deskripsi Diri

Putri Handayani, kayanya anugrah terindah berupa nama yang dikasih sama bapak dan mama gue. Gue lahir di Bogor 12 Oktober 1996 (Libra m...