PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS
( Pada Griya Salon Syafira, Bogor)
Disusun
Oleh:
Kelompok
V1
Devi
Novitasari
Dimas
Oky Dwi Putra
Putri
Handayani
Sarah
Tasya Arthafani
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2017
I.
PROFIL
PERUSAHAAN
a.
Nama
dan Bentuk Usaha
Perusahaan yang
diteliti adalah Griya Salon Syafira. Usaha ini bergerak di bidang kecantikan
syar’i yang berhubungan dengan perawatan kosmetika, wajah dan rambut khusus
perempuan.
b.
Alamat
Griya Salon
Syafira ini berlokasi di Perum. Griya Yasa Lestari Blok E1 No. 10 Kel.
Bojonggede Kec. Bojonggede Kab. Bogor 16320.
c.
Visi
dan Misi
Visi
:
Menjadi
pioneer dan terbaik bisnis gerai kecantikan syar‟i dengan mengedepankan
konsep inovatif, success, style, syar‟i & different serta
memberikan kontribusi secara global.
Misi :
1)
Mewujudkan kepuasaan
konsumen dengan pelayanan yang sopan dan ramah dan melahirkan produk-produk
perawatan yang sesuai dengan keinginan muslimah.
2)
Menghasilkan kenyamanan dan
pelayanan terbaik sehingga menjadi trend setter.
3)
Berperan aktif dalam
meningkatkan kualitas muslimah, dan menjadikan sebagai Dakwah Islamiyah.
4) Mempunyai motto islami dengan syiar didalamnya yaitu Cantik,
Syar’i & Qona’ah.
d.
Tujuan
Perusahaan
Kebutuhan untuk
cantik dengan wajah dan kulit yang terawat sudah pasti diinginkan semua wanita.
Namun, tak semua salon mampu memenuhi kebutuhan perawatan yang diinginkan kaum
muslimah. Keinginan untuk mendapat perawatan kecantikan dalam situasi yang
nyaman tanpa berbaur dengan kaum pria menjadi hal penting bagi kaum muslimah
sesuai dengan keyakinan mereka. Peluang inilah yang dil ihat menjadi dasar
untuk berbisnis menjadi salon muslimah. Griya Salon Syafira bertujuan untuk
menjadi salon yang berkonsep syari’ah, mengkombinasikan kecerdasan spiritual,
emosional dan ketrampilan dalam melayani serta mutu pelayanan berkwalitas bagus
dengan harga yang murah, ditujukan untuk merawat rambut, kecantikan & spa
para muslimah khususnya dan wanita pada umumnya.
Griya Salon
Syafira juga bertujuan untuk
mengembangkan layanan jasa yang positif dan pro aktif yang akan dialami oleh
konsumen setiap kali mengunjungi salon. Pemilik berusaha memberikan perhatian,
penghargaan, pengembangan diri karyawan dan kompensasi
bagi hasil karyawan agar dapat memberikan layanan yang prima.
II.
Latar
Belakang Perusahaan
Saat ini ungkapan back to nature sudah tidak asing lagi dan
cenderung menjadi gaya hidup yang sekarang digandrungi oleh sebagian masyarakat
Indonesia. Ungkapan tersebut memiliki arti kembali ke alam. Banyak hal yang
dilakukan masyarakat dalam melakukan proses back to nature dalam
kehidupan sehari-harinya. Terutama bagi perempuan Indonesia back to nature tidak
hanya sebagai gaya hidup tetapi juga untuk menjaga kesehatan. Adanya trend
back to nature tersebut membuat banyak perempuan Indonesia menyadari akan
kelebihan yang ditawarkan produk herbal. Oleh karenanya para perempuan
Indonesia saat ini banyak yang beralih dari produk kecantikan konvensional ke
produk kecantikan herbal. Hal tersebut tentu saja menarik perhatian para pelaku
usaha di bidang kesehatan dan kecantikan.
Persaingan dunia bisnis di Indonesia saat ini sangatlah ketat.
Bisnis yang ditawarkan pun bergerak di berbagai macam industri, baik itu
industri fashion, otomotif, kuliner hingga industri kesehatan.
Membanjirnya produk – produk impor dipasaran membuat persaingan dengan produk
dalam negri semakin nampak. Hal tersebut tentu saja menuntut setiap pelaku
usaha melakukan terobosan – terobosan baru dalam memasarkan produknya.
Salon adalah salah satu tempat yang dapat memenuhi gaya hidup
seseorang khususnya bagi para perempuan. Selain itu salon dan spa telah menjadi
trend yang sangat populer di masyarakat Indonesia. Bisnis kecantikan
sekarang menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan oleh wanita. Semakin
tinggi kesibukan mereka, semakin membutuhkan orang lain untuk merawat diri
mereka. Produk jasa perawatan yang ditawarkan pun sangat beragam. Penggunaan
bahan-bahan yang aman tentu menjadi pilihan sebagian besar peminat salon dan
spa. Trend saat ini orangorang cenderung menggunakan produk herbal dan
alami.
III.
KAJIAN
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
a.
Potensi
Pasar
Potensi usaha
salon kecantikan berkembang cukup pesat, apalagi sekarang banyak juga muncul
salon muslimah salah satunya Griya Salon Syafira. Meningkatnya kesadaran
religious di kalangan masyarakat membuka lebar peluang usaha salon muslimah,
yaitu salon khusus untuk kaum wanita yang ingin melakukan perawatan di tempat
yang aman dan nyaman. Aman dalam artian terjaga auratnya saat membuka hijab,
karena di dalam salon tersebut bebas dari kaum adam.
b.
Peluang
Pasar
Peluang usaha salon kecantikan
dikatakan menjanjikan karena hamper sebagian besar kaum wanita cenderung
melakukan perawatan terutama pada tangan – tangan professional.
Bagi kaum wanita
perawatan tubuh jauh lebih penting dari kebutuhan apapun. Makanya pemilik Griya
Salon Syafira mengambil peluang besar ini untuk meperoleh keuntungan dengan
membuka usaha salon.
Meskipun
peluangnya besar, pemilik tidak langsung mengupayakan untuk membuka salonnya
secara langsung. Tetapi pemilik mempersiapkan beberapa hal penting yang akan
menunjang bisnis salon tersebut. Berikut ini adalah faktor pendukung yang
membuat pemilik Griya Salon Syafira bisa memaksimalkan peluang usaha salon
kecantikan ini :
1) Memiliki
keahlian di bidang perawatan kecantikan
2) Mencari
pengalaman terlebih dahulu
3) Modal
4) Lokasi
salon
5) Mempromosikan
salon
c.
Rencana
Penjualan
Bisnis usaha
salon kecantikan ini mungkin sudah banyak yang mendirikan, namun disamping itu
masih banyak juga salon yang pelayanannya kurang memuaskan pelanggan, layaknya
candu. Jika seseorang sudah mencoba suatu salon dan merasa nyaman, maka orang
tersebut akan menjadi pelanggan tetap salon tersebut. Oleh karena itu,
pelayanan yang ekstra adalah langkah awal dalam memula persaingan dengan usah
salon – salon lain.
Setelah
memberikan pelayanan yang terbaik, rencana penjualan juga dapat dilakukan
dengan promosi seperti membuat brosur dan memasang iklan di beberapa media
termasuk internet.
d.
Strategi
Pemasaran
Dalam
menjalankan usaha, diperlukan strategi dan berbagai analisa yang matang,
begitupun dalam menjalankan usaha salon. Strategi yang dimaksud di sini adalah
suatu strategi pemasaran dimana dapat menarik sebanyak – banyaknya konsumen untuk datang ke Griya Salon Syafira dan menjadi
pelanggan tetap. Hal ini meliputi :
1) Desain
interior dan eksterior
Supaya
menarik, Griya Salon Syafira mendandani interior dan eksterior semenarik
mungkin. Tujuannya untuk memberikan kesan pertama yang memikat dan selanjutnya
membuat pelanggan kembali lagi ke salon.
2) Tenaga
ahli
Bisnis
salon sangat bergantung kesuksesannya pada keterampilan para karyawan terutama
hairstylistnya. Griya Salon Syafira berusaha menciptakan suasana kerja yang
nyaman dan kesejahteraan karyawan yang cukup baik.
3) Harga
yang kompetitif
Griya
Salon Syafira selalu menawarkan bonus – bonus tertentu guna menarik pelanggan.
Bonus yang dimaksud bisa berupa bonus gratis perawatan, satu paket promosi atau
potongan harga selama bulan tertentu.
4) Varian
jasa
Griya
Salon Syafira selalu berusaha mengikuti tren yang ada, agar salon tidak
kehilangan pelanggan. Semakin lengkap variasi jasa yang ditawarkan maka akan
semakin besar peluang untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan.
5) Pelayanan
yang prima
Griya
Salon Syafira berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para
pelanggannya. Karena pelayanan pada pelanggan merupakan kunci terpenting yang
akan menentukan apakah pelanggan akan kembali ke salon atau tidak.
6) Promosi
Griya
Salon Syafira melakukan promosi dengan membuat program / paket khusus untuk
membuat orang tertarik mencoba layanan salonny dengan tujuan agar Griya Salon
Syafira di kenal banyak masyarakat khususnya kaum wanita.
7) Proyeksi
Keuangan
Griya
Salon Syafira tidak lupa untuk menyelenggarakan system pengendalian keuangan,
seperti buku transaksi pemasukan dan pengeluaran harian, buku laba rugi
bulanan, dan lain – lain. Griya Salon Syafira selalu membuat system pencatatan
keuangan yang sederhana tujuannya agar dapat menjalankan usaha salon dengan
tertib.
IV.
ASPEK
TEKNIS DAN OPERASIONAL
a.
Rencana
Proses Produksi
Kegiatan
operasional atau produksi usaha ini dilakukan di tempat sendiri yang dibangun
sendiri oleh pemilik salon. Kegiatan dimulai dari persiapan pekerjaan,
menyiapkan alat – alat make up salon dan peralatan untuk perawatan lainnya.
Selanjutnya
karyawan akan menunggu pelanggan, jika ada pelanggan karyawan bergegas untuk
menawarkan jasa pelayanan yang disediakan salon untuk kemudian dikerjakan.
Proses pekerjaannya sendiri dilakukan oleh 1 dari 2 karyawan salon.
b.
Investasi
Awal dan Data Keuangan
Aspek finansial dalam penelitian ini adalah salah satu poin
penting untuk mengetahui kelayakan usaha ini secara finasial. Penelitian ini
menggunakan beberapa data – data dasar yang digunakan untuk menganalisis aspek
keuangan. Data - data dasar tersebut adalah sebagai berikut:
a.
Penelitian ini dianalisis
untuk proyeksi jangka waktu empat tahun.
b.
Penentuan waktu:
1)
1 tahun adalah 12 bulan
2)
1 bulan adalah 30 hari
c.
Harga jual jasa Salon dan
Spa House of Khadijah
1)
Potong Rambut : Rp 15.000,-
2)
Creambath, hair mask,
hair spa : Rp 45.000,-
3)
Facial :
Rp 60.000,-
4)
Medicure/pedicure : Rp 40.000,-
5)
Kreasi jilbab : Rp 40.000,-
6)
Make up : Rp 50.000,-
7)
Penyewaan baju kebaya : Rp 75.000,-
8)
Cuci blow/cuci
gunting : Rp 15.000,-
9)
Lulur :
Rp 100.000,-
d.
Discount rate yang digunakan adalah berdasarkan suku bunga dasar deposito
sebesar 6%
e.
Kenaikan setiap biaya berdasarkan
kenaikan inflasi Februari 2017 sebesar 3.83 %
Selain data – data dasar yang digunakan dalam menghitung aspek
finansial, ada beberapa komponen penting seperti biaya variabel, biaya tetap,
biaya penyusutan dan pendapatan usaha yang digunakan untuk mengukur aspek ini.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai aspek financial Griya Salon Syafira:
Kebutuhan barang modal bisnis salon ini terdiri dari interior
salon, peralatan dan peralatan operasional salon. Dana yang digunakan dalam
pembelian barang modal didapat dari dana pemilik sebesar Rp 38.131.000. Secara
rinci barang-barang modal yang dibutuhkan adalah:
Tabel 1 Perincian Investasi Awal
No.
|
Uraian
|
Satuan
|
Jml
|
Harga Satuan
|
Nilai
|
1
|
Interior Salon
|
||||
a. Hiasan dinding
|
Buah
|
3
|
37000
|
111000
|
|
b. Lemari dinding
|
Buah
|
4
|
230000
|
920000
|
|
c. Lampu – Lampu
|
Buah
|
10
|
80000
|
800000
|
|
d. AC
|
Buah
|
1
|
4000000
|
4000000
|
|
2
|
Peralatan Salon
|
||||
a. Meja salon
|
Buah
|
4
|
100000
|
400000
|
|
b. Kursi salon dan
kursi tunggu
|
Buah
|
8
|
100000
|
800000
|
|
c. Kaca
|
Buah
|
4
|
200000
|
800000
|
|
d. Tempat cuci rambut
|
Buah
|
1
|
3000000
|
3000000
|
|
e. Lemari handuk
|
Buah
|
1
|
500000
|
500000
|
|
f. Tempat tidur untuk
facial
|
Buah
|
2
|
1800000
|
3600000
|
|
g. Sprei
|
Buah
|
2
|
50000
|
100000
|
|
h. Gorden
|
Buah
|
4
|
200000
|
800000
|
|
i. Water heater
|
Buah
|
1
|
2000000
|
2000000
|
|
j. Handuk
|
Lusin
|
2
|
150000
|
300000
|
|
3
|
Peralatan Operasional
|
||||
a. Peralatan creambath, hair spa & hair mask
|
Set
|
1
|
2000000
|
2000000
|
|
b. Hair dryer
|
Set
|
2
|
2000000
|
4000000
|
|
c. Kebaya Pengantin
|
Buah
|
6
|
2000000
|
12000000
|
|
d. Kebaya
|
Buah
|
15
|
100000
|
1500000
|
|
e. Peralatan Pedicure/Medicure
|
Set
|
1
|
500000
|
500000
|
|
Total
|
38131000
|
Bahan-bahan treatment termasuk ke dalam biaya variabel yang
mana kebutuhannya tergantung pemakaian dan merupakan barang yang digunakan
habis pakai atau tidak termasuk ke dalam penyusutan. Biaya variabel tahun ke-1
usaha ini sebesar Rp 9,645,000. Biaya variabel ini diproyeksikan naik setiap
tahunnya sesuai dengan kebutuhan dan besarnya inflasi setiap tahun. Rincian
biaya variabel dapat dilihat pada lampiran 2.
Biaya tetap adalah biaya
yang tidak berubah dalam jangka waktu tertentu. Yang termasuk ke dalam biaya
tetap usaha ini adalah gaji karyawan, biaya perawatan AC dan biaya pemasaran.
Berikut ini adalah perincian biaya tetap Griya Salon Syafira:
Tabel 3 Biaya Tetap
No.
|
Keterangan
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga satuan
|
Nilai
|
1
|
Biaya gaji
|
Orang
|
2
|
1000000
|
2000000
|
2
|
Biaya perawatan AC
|
3 Bulan
|
12
|
150000
|
600000
|
3
|
Biaya pemasaran
|
3 Bulan
|
12
|
1000000
|
4000000
|
Total
|
6600000
|
Biaya penyusutan yang harus dikeluarkan setiap tahunnya sebesar Rp
9,068,666,- . Biaya ini dihitung dari nilai barang dibagi umur ekonomis barang.
Perincian biaya penyusutan dapat dilihat pada lampiran 5. Adapun rencana
pendapatan yang diinginkan akan naik seriap tahunnya. Perincian proyeksi
pendapatan dapat dilihat pada lampiran 4.
Data-data tersebut dapat digunakan untuk menyimpulkan aspek
keuangan Griya Salon Syafira. Berikut ini adalah kesimpulan aspek keuangan Griya
Salon Syafira. Berikut ini kesimpulan aspek keuangan Griya Salon Syafira:
Tabel 4 Alat Ukur Aspek Keuangan
No
|
Alat Ukur
|
Hasil Pengukuran
|
Keterangan
|
1
|
Payback Period
|
< 4 tahun
|
Diterima
|
2
|
NPV
|
Rp 63.432.720
|
Diterima
|
3
|
IRR
|
3,42
|
Diterima
|
4
|
PI
|
2,66
|
Ditolak
|
Dari tabel alat ukur di atas dapat disimpulkan bahwa pengembalian
yang dilihat dari payback periode berada dalam kondisi baik yang mana usaha ini layak untuk dijalankan karena jangka waktu
yang kurang dari umur investasi yang telah ditentukan yaitu 4 tahun.
Serupa dengan PP, NPV mendukung usaha ini karena nilai positif
yang dihasilkan NPV sesuai dengan syarat
yang mana nilai NPV harus positif, sementara pada usaha ini NPV yang didapatkan
sebesar Rp 63.432.720. Begitu juga nilai PI yang lebih dari 1 yaitu 2,66
sehingga memenuhi syarat layak.
IRR yang merupakan alat mengukur tingkat pengembalian berada dalam
kondisi yang tidak baik, karena hasil perhitungan menunjukkan pengembalian
investasi kurang dari discount rate yang telah ditentukan sebesar 6%.
Perincian hasil pengukuran ini dapat dilihat pada lampiran 6 dan 7.
Hasil pengukuran aspek finansial pada usaha ini menunjukkan bahwa
usaha dalam kondisi yang baik, yang dapat mendatangkan keuntungan bagi pelaku
usahanya. Dengan demikian pelaku usaha perlu melakukan evaluasi agar usahanya
dapat lebih memberikan manfaat dan keuntungan secara finansial.
V.
KESIMPULAN
DAN SARAN
Kesimpulan
Berdasarkan aspek finansial, hasil pengukuran nya menerima usaha
ini. Adapun hasil pengukuran aspek finansial untuk payback periode berada
dalam kondisi baik yang mana usaha ini layak untuk dijalankan karena jangka
waktu yang kurang dari umur investasi yang telah ditentukan yaitu lebih dari 4
tahun.
Begitu juga dengan NPV mendukung usaha ini karena nilai positif yaitu
didapatkan sebesar Rp 63.432.720. Hasil perhitungan PI lebih dari 1 yaitu 2,66
sehingga memenuhi syarat layak. IRR yang
merupakan alat mengukur tingkat pengembalian berada dalam kondisi yang tidak
baik, karena hasil perhitungan menunjukkan pengembalian investasi kurang dari discount
rate yang telah ditentukkan sebesar 6%.
Saran
Griya Salon Syafira adalah perlu melakukan promosi dan
meningkatkan kualitas untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang menggunakan jasa
Griya Salon Syafira. Dengan meningkatkan jumlah pelanggan secara otomatis akan
menekan porsi biaya tetap sehingga memungkinkan usaha menjadi menguntungkan.
Promosi yang dilakukan dapat ditingkatkan melalui komunitas-komunitas muslim di
sekitar komplek
Griya Salon Syafira perlu meninjau ulang kenaikan harga layanan
produk agar perhitungan finansial dapat lebih memenuhi syarat kelayakan. Selain
itu, kenaikan harga jual juga perlu dilakukan mengingat biaya operasional yang
cukup tinggi. Dengan demikian Griya Salon Syafira akan mendapatkan keuntungan
secara finansial
VI.
LAMPIRAN
Lampiran 1 Dokumentasi
Lampiran 2 Biaya variabel
Tahun
ke 1
No
|
Nama Barang
|
Satuan
|
Jml
|
Harga Beli
|
Nilai
|
1
|
Shampo
|
Liter
|
5
|
180000
|
900000
|
2
|
Bahan untuk creambath, hair spa, hair mask
|
Kg
|
5
|
80000
|
400000
|
3
|
Bahan lulur
|
Kg
|
5
|
100000
|
500000
|
4
|
Bahan facial
|
Paket
|
4
|
100000
|
400000
|
5
|
Bahan treatment rambut
|
Botol
|
4
|
30000
|
120000
|
6
|
Bahan cat hena dan
pewarna halal
|
Kotak
|
5
|
35000
|
175000
|
7
|
Make up
|
Set
|
1
|
450000
|
450000
|
8
|
Jepit rambut
|
Buah
|
12
|
50000
|
600000
|
9
|
Peniti, bros,
aksesoris
|
Set
|
1
|
100000
|
100000
|
10
|
Listrik
|
Bulan
|
12
|
500000
|
6000000
|
Total
|
9645000
|
Tahun
ke 2
No
|
Nama Barang
|
Satuan
|
Jml
|
Harga Beli
|
Nilai
|
1
|
Shampo
|
Liter
|
5
|
183000
|
915000
|
2
|
Bahan untuk creambath, hair spa, hair mask
|
Kg
|
5
|
82500
|
412500
|
3
|
Bahan lulur
|
Kg
|
5
|
105000
|
525000
|
4
|
Bahan facial
|
Paket
|
4
|
103500
|
414000
|
5
|
Bahan treatment rambut
|
Botol
|
4
|
32000
|
128000
|
6
|
Bahan cat hena dan
pewarna halal
|
Kotak
|
5
|
38000
|
190000
|
7
|
Make up
|
Set
|
1
|
453000
|
453000
|
8
|
Jepit rambut
|
Buah
|
12
|
52500
|
630000
|
9
|
Peniti, bros,
aksesoris
|
Set
|
1
|
103000
|
103000
|
10
|
Listrik
|
Bulan
|
12
|
510000
|
6120000
|
Total
|
9890500
|
Tahun
ke 3
No
|
Nama Barang
|
Satuan
|
Jml
|
Harga Beli
|
Nilai
|
1
|
Shampo
|
Liter
|
5
|
185000
|
925000
|
2
|
Bahan untuk creambath, hair spa, hair mask
|
Kg
|
5
|
84000
|
420000
|
3
|
Bahan lulur
|
Kg
|
5
|
106000
|
530000
|
4
|
Bahan facial
|
Paket
|
4
|
105000
|
420000
|
5
|
Bahan treatment rambut
|
Botol
|
4
|
35000
|
140000
|
6
|
Bahan cat hena dan
pewarna halal
|
Kotak
|
5
|
40000
|
200000
|
7
|
Make up
|
Set
|
1
|
455000
|
455000
|
8
|
Jepit rambut
|
Buah
|
12
|
54000
|
648000
|
9
|
Peniti, bros,
aksesoris
|
Set
|
1
|
106000
|
106000
|
10
|
Listrik
|
Bulan
|
12
|
525000
|
6300000
|
Total
|
10144000
|
Lampiran 3 Biaya Tetap (*Biaya
gaji dikalikan 12 bulan)
Tahun
ke 1
No.
|
Keterangan
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga satuan
|
Nilai
|
1
|
Biaya gaji*
|
Orang
|
2
|
1000000
|
24000000
|
2
|
Biaya perawatan AC
|
3 Bulan
|
12
|
150000
|
600000
|
3
|
Biaya pemasaran
|
3 Bulan
|
12
|
1000000
|
4000000
|
Total
|
28600000
|
Tahun
ke 2
No.
|
Keterangan
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga satuan
|
Nilai
|
1
|
Biaya gaji*
|
Orang
|
2
|
1000000
|
24000000
|
2
|
Biaya perawatan AC
|
3 Bulan
|
12
|
150000
|
600000
|
3
|
Biaya pemasaran
|
3 Bulan
|
12
|
1000000
|
4000000
|
Total
|
28600000
|
Tahun
ke 3
No.
|
Keterangan
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga satuan
|
Nilai
|
1
|
Biaya gaji*
|
Orang
|
2
|
1000000
|
24000000
|
2
|
Biaya perawatan AC
|
3 Bulan
|
12
|
150000
|
600000
|
3
|
Biaya pemasaran
|
3 Bulan
|
12
|
1000000
|
4000000
|
Total
|
28600000
|
Tahun
ke 4
No.
|
Keterangan
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga satuan
|
Nilai
|
1
|
Biaya gaji*
|
Orang
|
2
|
1000000
|
24000000
|
2
|
Biaya perawatan AC
|
3 Bulan
|
12
|
150000
|
600000
|
3
|
Biaya pemasaran
|
3 Bulan
|
12
|
1000000
|
4000000
|
Total
|
28600000
|
Lampiran 4 Proyeksi Pendapatan
Tahun
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
H
|
I
|
Total
|
2012
|
240
|
300
|
120
|
60
|
120
|
120
|
60
|
360
|
240
|
1620
|
2013
|
260
|
325
|
130
|
65
|
130
|
130
|
65
|
390
|
260
|
1755
|
2014
|
280
|
350
|
140
|
70
|
140
|
140
|
70
|
420
|
280
|
1890
|
2015
|
302
|
377
|
151
|
75
|
151
|
151
|
75
|
453
|
302
|
2037
|
2016
|
325
|
407
|
163
|
81
|
163
|
163
|
81
|
488
|
325
|
2196
|
Keterangan :
A : Potong
Rambut F
: Make Up
B : Creambath, hair spa, hair mask G : Penyewaan Baju Kebaya
C : Facial H
: Cuci Blow /Cuci Gunting
D : Medi / Pedicure I : Lulur
E : Kreasi
Jilbab
No
|
Jasa Salon
|
2012
|
2013
|
2014
|
|||||||||
Kuantitas / tahun
|
Harga Jual
|
Jumlah
|
Kuantitas/tahun
|
Harga Jual
|
Jumlah
|
Kuantitas/tahun
|
Harga Jual
|
Jumlah
|
|||||
1
|
Potong Rambut
|
240
|
7000
|
1680000
|
260
|
10000
|
2600000
|
280
|
12000
|
3360000
|
|||
2
|
Creambath, Hair Spa, Hair Mask
|
300
|
30000
|
9000000
|
325
|
35000
|
11375000
|
350
|
40000
|
14000000
|
|||
3
|
Facial
|
120
|
40000
|
4800000
|
130
|
45000
|
5850000
|
140
|
50000
|
7000000
|
|||
4
|
Medi/Pedicure
|
60
|
30000
|
1800000
|
65
|
35000
|
2275000
|
70
|
35000
|
2450000
|
|||
5
|
Kreasi Jilbab
|
120
|
25000
|
3000000
|
130
|
30000
|
3900000
|
140
|
35000
|
4900000
|
|||
6
|
Make Up
|
120
|
50000
|
6000000
|
130
|
50000
|
6500000
|
140
|
50000
|
7000000
|
|||
7
|
Penyewaan Baju Kebaya
|
60
|
75000
|
4500000
|
65
|
75000
|
4875000
|
70
|
75000
|
5250000
|
|||
8
|
Cuci Blow / Cuci
Gunting
|
360
|
7000
|
2520000
|
390
|
10000
|
3900000
|
420
|
12000
|
5040000
|
|||
9
|
Lulur
|
240
|
80000
|
19200000
|
260
|
85000
|
22100000
|
280
|
90000
|
25200000
|
|||
Total
|
52500000
|
63375000
|
74200000
|
||||||||||
No
|
Jasa Salon
|
2015
|
2016
|
||||||||||
Kuantitas/tahun
|
Harga Jual
|
Jumlah
|
Kuantitas/tahun
|
Harga Jual
|
Jumlah
|
||||||||
1
|
Potong Rambut
|
302
|
15000
|
4530000
|
325
|
15000
|
4875000
|
||||||
2
|
Creambath, Hair Spa, Hair Mask
|
377
|
40000
|
15080000
|
407
|
40000
|
16280000
|
||||||
3
|
Facial
|
151
|
55000
|
8305000
|
163
|
60000
|
9780000
|
||||||
4
|
Medi/Pedicure
|
75
|
40000
|
3000000
|
81
|
40000
|
3240000
|
||||||
5
|
Kreasi Jilbab
|
151
|
40000
|
6040000
|
163
|
40000
|
6520000
|
||||||
6
|
Make Up
|
151
|
55000
|
8305000
|
163
|
60000
|
9780000
|
||||||
7
|
Penyewaan Baju Kebaya
|
75
|
80000
|
6000000
|
81
|
80000
|
6480000
|
||||||
8
|
Cuci Blow / Cuci
Gunting
|
453
|
15000
|
6795000
|
488
|
15000
|
7320000
|
||||||
9
|
Lulur
|
302
|
95000
|
28690000
|
325
|
100000
|
32500000
|
||||||
Total
|
86745000
|
96775000
|
|||||||||||
Lampiran 5 BiayaPenyusutan
No.
|
Uraian
|
Satuan
|
Jml
|
Harga Satuan
|
Nilai
|
Umur Ekonomi (Tahun)
|
Nilai Penyusutan
|
1
|
Interior Salon
|
||||||
a. Hiasan dinding
|
Buah
|
3
|
37000
|
111000
|
3
|
37000
|
|
b. Lemari dinding
|
Buah
|
4
|
230000
|
920000
|
4
|
230000
|
|
c. Lampu - Lampu
|
Buah
|
10
|
80000
|
800000
|
4
|
200000
|
|
d. AC
|
Buah
|
1
|
4000000
|
4000000
|
4
|
1000000
|
|
2
|
Peralatan Salon
|
||||||
a. Meja salon
|
Buah
|
4
|
100000
|
400000
|
5
|
80000
|
|
b. Kursi salon dan
kursi tunggu
|
Buah
|
8
|
100000
|
800000
|
5
|
160000
|
|
c. Kaca
|
Buah
|
4
|
200000
|
800000
|
5
|
160000
|
|
d. Tempat cuci rambut
|
Buah
|
1
|
3000000
|
3000000
|
5
|
600000
|
|
e. Lemari handuk
|
Buah
|
1
|
500000
|
500000
|
5
|
100000
|
|
f. Tempat tidur untuk
facial
|
Buah
|
2
|
1800000
|
3600000
|
4
|
900000
|
|
g. Sprei
|
Buah
|
2
|
50000
|
100000
|
2
|
50000
|
|
h. Gorden
|
Buah
|
4
|
200000
|
800000
|
5
|
160000
|
|
i. Water heater
|
Buah
|
1
|
2000000
|
2000000
|
5
|
400000
|
|
j. Handuk
|
Lusin
|
2
|
150000
|
300000
|
2
|
150000
|
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Jml
|
Harga Satuan
|
Nilai
|
Umur Ekonomi (Tahun)
|
Nilai Penyusutan
|
3
|
Peralatan Operasional
|
||||||
a. Peralatan creambath, hair spa & hair mask
|
Set
|
1
|
2000000
|
2000000
|
4
|
500000
|
|
b. Hair dryer 1 set
|
Set
|
2
|
2000000
|
4000000
|
5
|
800000
|
|
c. Kebaya Pengantin
|
Buah
|
6
|
2000000
|
12000000
|
4
|
3000000
|
|
d. Kebaya
|
Buah
|
15
|
100000
|
1500000
|
4
|
375000
|
|
e. Peralatan Pedicure/Medicure 1 set
|
Set
|
1
|
500000
|
500000
|
3
|
166666.6667
|
|
Total
|
38131000
|
9068666.667
|
Lampiran 6 Cash Flow
Komponen
|
Tahun / Periode
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Kas Masuk
|
|||||
Pendapatan Salon
|
63375000
|
74200000
|
86745000
|
96775000
|
|
Total Kas Masuk
|
63375000
|
74200000
|
86745000
|
96775000
|
|
Kas Keluar
|
|||||
Biaya Investasi
|
38131000
|
||||
Biaya Tetap :
|
|||||
1. Gaji Karyawan
|
24000000
|
24000000
|
24000000
|
24000000
|
|
2. Biaya Perawatan AC
|
600000
|
600000
|
600000
|
600000
|
|
3. Biaya Pemasaran
|
4000000
|
4000000
|
4000000
|
4000000
|
|
Total Biaya Tetap
|
28600000
|
28600000
|
28600000
|
28600000
|
|
Biaya Variabel :
|
|||||
1. Shampo
|
900000
|
915000
|
925000
|
950000
|
|
2. Bahan untuk creambath, hair mask, hair spa
|
400000
|
412500
|
420000
|
425000
|
|
3. Bahan Lulur
|
500000
|
525000
|
530000
|
540000
|
|
4. Bahan Facial
|
400000
|
414000
|
420000
|
424000
|
|
5. Bahan Treatment Rambut
|
120000
|
128000
|
140000
|
160000
|
|
6. Bahan Cat Hena
& Pewarna Halal
|
175000
|
190000
|
200000
|
215000
|
|
7. Make Up
|
450000
|
453000
|
455000
|
457000
|
|
8. Jepit Rambut
|
600000
|
630000
|
648000
|
660000
|
|
9. Peniti, Bros,
Aksesoris
|
100000
|
103000
|
106000
|
110000
|
|
10. Listrik
|
6000000
|
6120000
|
6300000
|
6324000
|
|
Total Biaya Variabel
|
9645000
|
9890500
|
10144000
|
10265000
|
|
Biaya Penyusutan
|
9068666
|
9068666
|
9068666
|
9068666
|
|
Total Kas Keluar
|
47313666
|
47559166
|
47812666
|
47933666
|
|
Saldo Akhir
|
38131000
|
16061334
|
26640834
|
38932334
|
48841334
|
Payback Period
|
< 4 Tahun
|
||||
NPV
|
63432720
|
||||
IRR
|
3,42
|
||||
PI
|
2,66
|
Lampiran 7 Perhitungan Payback Period, NPV, PI, IRR
Payback Period
Tahun
|
EAT
|
Depresiasi
|
Proceed
|
DF (20%)
|
PV Proceed
|
1
|
16.061.334
|
9.068.666
|
25.130.000
|
0,833
|
20.933.290
|
2
|
26.640.834
|
9.068.666
|
35.709.500
|
0,698
|
24.925.231
|
3
|
38.932.334
|
9.068.666
|
48.001.000
|
0,579
|
27.792.579
|
4
|
48.841.334
|
9.068.666
|
57.910.000
|
0,482
|
27.912.620
|
130.475.836
|
101.563.720
|
Investasi 38.131.000
Proceed 1 25.130.000
3.001.000 (
1 Tahun )
3.001.000 x 12 /
35.709.500 = 1,0084 ( 1 Bulan )
0,082 x 30
hari = 2,52 ( 2 Hari )
Jadi, lamanya
pengembalian modal pemilik yaitu 1 tahun 1 bulan 2 hari ( Diterima )
NPV =
PV Proceed – PV Outlays
= 101.563.720 – 38.131.000
= 63.432.720 ( Diterima )
PI =
PV Proceed / PV Outlays
= 101.563.720 / 38.131.000
= 2,66 ( Diterima )
IRR =
EAT / PV Outlays x 100%
= 130.475.836 / 38.131.000 x 100%
= 3,42% ( Ditolak )
Menghitung tabel depresiasinya bagaimana ya ka
BalasHapus